Maintenance and Repair Computers

Categories

Tuesday, November 17, 2015

Rebbot and select proper boot device or insert boot media in selected boot device


Rebbot and select proper boot device  dan or insert boot media in selected boot device merupakan pesan singkat error atau kesalahan dalam POST (Power On Self Test) atau ketika Kita menyalakan komputer atau laptop sebelum masuk sistem operasi (windows, linux, ataupun Max OS). Dalam hal ini Kita tidak bisa memasuki desktop windows karena kendala dari hilangnya device booting sistem operasi.

Diagnosa atas permasalahan tersebut adalah:
-Adanya perubahan setingan bios terutama dibagian booting
-Konektor hardisk yang kendor, yang kemungkinan karena adanya goncangan pada komputer atau laptop seperti; jatuhnya laptop
-Kondisi hardisk yang rusak fisik sehingga mengakibatkan tidak terdeteksinya hardisk tersebut.

Solusi yang perlu dilakukan atas diagnosa diatas adalah :
-Sebelum megubah setingan bios pada bagian booting pertama, alanglah baiknya Kita ganti baterai motherboard dulu supaya penyetingan bios dapat tersimpan. Ubahlah booting pertama ke Hardisk yang ada sistemnya.
-Karena akibat koneksi hardisk, Kita harus membongkar atau membuka kotak CPU atau Laptop untuk mengambil hardisknya, setelah itu Kita pastikan apakah hardisk masih terdeteksi atau masih hidup ?, hal ini dengan cara mengkoneksikan dengan komputer atau laptop lain, misalnya dengan cara menjadikan hardisk tersebut menjadi eksternal hardisk. Dan biasanya jika masih bisa terdeteksi atau terbuka, Kita coba langsung dipasangkan kembali ke komputer atau laptop awal.


-Karena kondisi hardsik yang rusak, solusinya sama dengan langkah yang kedua, Kita memastikan terdeteksinya hardisk. Jika tidak terdeteksi maka gantilah hardisk tersebut.

0 komentar:

Post a Comment