Maintenance and Repair Computers

Categories

Tuesday, August 9, 2016

Asal usul penyebaran virus di komputer


Dalam kesempatan ini, saya akan membahas bagaimana asal usul atau asal mula penyebaran virus di komputer.

Apa yang sudah Kita ketahui virus komputer, banyak ragam dan karakteristiknya. Dibawah ini adalah gejala-gejala virus atau sudah terinfeksi virus dalam komputer yaitu sebagai berikut:
  1. File data yang berada di windows explorer berubah menjadi file shortcut dengan ditandai file yang memiliki tanda panah kecil dan ukurannya menjadi 1 KB.
  2. Folder data selalu digandakan dengan kapasitas 1 KB
  3. Ketika buka flashdisk, data selalu hilang sendiri, padahal di properties ada kapasitasnya.
  4. Ketika membuka windows explorer, semua program maupun icon desktop menghilang, seolah-olah seperti start windows.
  5. Ketika membuka salah satu program, komputer meRestart sendiri.
  6. Komputer menjadi lambat atau lemot
  7. Dan masih banyak lagi gejala lain
Dengan gejala-gejala virus tersebut, membuat Kita jengkel bahkan takut, apalagi virus tersebut dapat menghilangkan data. Selain itu juga dapat menghambat pekerjaan, Kita akan dipusingkan dengan virus-virus yang sudah masuk ke komputer.

Nah... yang menjadi pertanyaan adalah dari mana asal mula virus-virus yang sudah ada saat ini,?apakah dari flasdisk, bluethoot atau Hardisk external?. flasdisk, bluethoot atau hardisk external merupakan sebuah perantara untuk penyebaran virus dan yang asal mulanya penyebaran virus adalah internet. Internet merupakan sarana yang empuk untuk penyebaran dengan teknik penyebaran file downloadan dan akses aplikasi atau web.

Kita mungkin tidak tahu dan tidak sadar atas file yang Kita download terdapat virus atau terlampirkan virus, yang secara otomatis, ketika Kita memasukan file downloadan kedalam flasdisk dan memasukan atau membuka file tersebut di komputer, virus tersebut langsung menyerang data dan sistem windows. Dan akhirnya komputer terinfeksi virus dengan terjadi gejala-gejala virus diatas.

Dan untuk mengatasi hal ini, Kita perlu banyak mengetahui cara menangkalnya, cara mengatasinya dan cara menghilangkannya, hal ini saya akan bahas diartikel berikutnya.

Demikian asal usul atau awal mula penyebaran virus di komputer. Mudah-mudahan bermanfaat dan Terimakasih.

1 comment: