Maintenance and Repair Computers

Categories

Thursday, August 11, 2016

Mendiagnosa kerusakan Hardisk


Diagnosa kerusakan hardisk
Dalam kesempatan ini, saya akan membahas bagaimana cara mendiagnosa atau memeriksa kerusakan hardisk pada komputer PC maupun Laptop/notebook.

Hardisk merupakan komponen sistem komputer untuk menyimpan data baik itu data sistem operasi, data program maupun data-data file. Hal ini perlu Kita perhatikan dalam pemakaiannya, supaya sistem, program dan data dapat terjaga. Dengan mengetahui cara mendiagnosa atau memeriksa kerusakan hardisk, Kita bisa menjaga, merawat dan melakukan tindakan yang sesuai dengan kondisi hardisk. Diagnosa tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Apakah kinerja sistem operasi (windows) melambat sekali ?, seperti; pada saat melalukan copy paste data yang membutuhkan waktu lebih lama. Jika demikian, Segeralah untuk membackup data penting ke tempat lain seperti; flashdisk atau hardisk external.
  2. Apakah ada bunyi perpindahan baca mata optic hardisk yang kasar ? seperti bunyi "krek-krek" saat membuka program atau copy paste data. Dan Jika bunyi, kemungkinan besar ada kerusakan pada hardsik, segeralah untuk membackup data-data penting Kita ke tempat yang lain.
  3. Terjadi Hank dan bunyi "krek-krek" pada hardsik. Kondisi seperti ini merupakan kondisi kerusakan hardisk yang berat atau parah. Segeralah untuk membackup data ke tempat lain dengan cara memparalelkan hardisk pada komputer lain.
Nah... bagaimana untuk menghindari kerusakan pada hardisk ? Saya akan bahas di artikel berikutnya.

Demikian cara mendiagnosa atau memeriksa kerusakan pada hardisk.
Semoga bermanfaat dan terimakasih.

0 komentar:

Post a Comment