Maintenance and Repair Computers

Categories

Sunday, August 7, 2016

Cara Memperbaiki Cartridge ( kartrid ) dengan mudah


Perbaikan Cartridge
Perbaikan Cartridge
Dalam kesempatan kali ini, saya akan memberikan trik bagaimana cara memperbaiki cartridge atau kartrid Canon dengan mudah.

Apa yang telah Kita ketahui, kecenderungan user atau pemakai printer canon, sering bermaslah di bagian Catridge/kartrid, ya... seperti; tinta atau tulisan tidak keluar, tulisan bergaris-garis, tulisan ngeblok/bercak-bercak dan tidak detek.

Ketika Kita menginstal driver/software printer secara otomatis akan terinstal juga software untuk repair dan maintenance seperti; cleaning, kesajajaran cetak dan lain-lain. Tool-tool tersebut sering Kita pakai jika mendapat masalah seperti diatas yaitu; tinta tidak keluar, tulisan bergaris-garis , tulisan ngeblok. Akan tetapi kadang dengan tool tersebut tidak bisa mengatasi, dan hal ini perlu adanya perbaikan secara fisik.


Perbaikan secara fisik tersebut yaitu membongkar dan memperbaiki cartridge. Alat yang perlu dipersiapkan untuk melakukan perbaikan ini adalah; Kater dan Obeng minus. Dan menggunakan bahan; tisu, air dan lem alteco.

Nah... untuk langkah-langkah adalah sebagai berikut:
  1. Membuka Cartridge dalam printer, Jika printer infus terlebih dahulu menutup semua penutup bagian atas tabung infus dan melepaskan selang yang menempel pada cartridge, hal ini dilakukan supaya tidak terjadi kebanjiran tinta.
  2. Memotong/mengkater secara berulang-ulang pada bagian batas antara badan cartridge dengan penutupnya, sehingga lem pabrikan dapat mengelupas.
  3. Selanjutnya gunakan obeng minus untuk mencongkel penutup cartridge dengan perlahan sehingga penutup cartridge terbuka.
  4. Dalam keadaan terbuka ambillah busa yang terdapat dalam cartridge dan cucilah dengan air hingga bersih.
  5. Bersihkan ruangan dalam Cartridge dengan menggunkan tisu hingga bersih terutama pada bagian atas head.
  6. Masukan kembali busa cartridge
  7. Sebelum ditutup dengan penutup Cartridge, terlebih dahulu berikan lem alteco pada bagian atas cartridge, setelah itu tempelkan penutup cartridgenya.
  8. Tunggu kurang lebih 15 menit , supaya lem alteco dapat merekat.
  9. Setelah merekat, masukan tinta pada cartridge dan masukan cartridge kedalam printer, jika menggunakan infus terlebih dahulu pasang ujung selang cartridge pada lubang cartridge, lalu buka penutup tabung cartridge.
  10. Jika diperlukan Cleaning terlebih dahulu menggunakan software maintenance (bawaaan driver)
  11. Printer sudah siap digunakan.
Demikian langkah-langkah untuk cara memperbaiki cartridge terutama printer canon, dan jika kurang jelas silahkan untuk bertanya, yang mudah-mudahan nantinya mendapat solusi.

Mudah-mudahan bermanfaat dan terimakasih.

0 komentar:

Post a Comment