Maintenance and Repair Computers

Categories

Monday, August 8, 2016

Cara memperbaiki Cartridge karena hasil cetak bergaris-garis


Dalam kesempatan kali ini, saya akan membahas bagaimana cara memperbaiki cartridge ( kartrid ), dimana hasil cetak bergaris-garis atau putus-putus.

Ketika Kita mengalami masalah seperti diatas yaitu hasil cetak bergaris-garis atau putus-putus, maka yang perlu Kita lakukan terlebih dahulu adalah mengcleaning head melalu software bawaan dari driver printer. Dan biasanya dapat dilakukan dengan memilih start --> Devices and Printers --> mengklik kanan printer canon --> pilih Printer Preference --> pilih menu Maintenance/Perawatan --> dan mengklik tombol Cleaning/Pembersihan. Dengan langkah tersebut akan membersihkan head cartridge secara otomatis oleh printer. Akan tetapi Jika kondisi tersumbatnya pada head agak parah, maka langkah tersebut belum bisa membersihkan kotoran pada head secara sempurna, sehingga hasil cetak masih tetap bergaris-garis atau putus-putus.

Dengan melihat permasalahan diatas, maka perlu adanya solusi lain yaitu mengcleaning secara fisik yaitu dengan memompa carttidge dengan suntikan. Cara ini akan lebih efektif dibanding dengan langkah diatas. Langkah-langkah adalah sebagai berikut:
  1. Menyiapkan alat suntikan yang sudah diberikan selang pada ujungnya
  2. Membuka cover printer, tunggu hingga cartridge berada pada posisi ditengah.
  3. Membuka pengunci cartridge dan membuka selang infus pada lubang cartridge bagian atas.
  4. Ambil Cartridge keluar dan masukan selang suntikan yang sudah terisi tinta.
  5. Masukan tinta melalui selang tersebut, dan biasanya saat mendorong suntikan akan membalik kebelakang, dorong kembali sehingga tinta akan menetes pada head dibawah.
  6. Setelah meneteskan tinta lepas selang suntikan.
  7. Usap dan bersihkan head printer dengan tisu hingga bersih,dan biasanya jika menempelkan tisu pada head maka keluaran tinta akan lebih sempurna.
  8. Pasang kembali cartridge kedalam printer
  9. Cobalah tes print dan hasil cetaknya akan lebih baik dari sebelumnya.
Demikian langkah-langkah cara memperbaiki cartridge canon dengan menggunakan suntikan. Dan jika ada pertanyaan, silahkan untuk memberikan komentar dibawah ini, mudah-mudah mendapatkan solusi.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

0 komentar:

Post a Comment